PEMANFAATAN DATA REANALISIS (ERA5) DALAM SIMULASI CLEAR AIR TURBULENCE PADA PESAWAT BTK7581, BTK6582, SJV756, DAN SJV739 (STUDI KASUS 17-18 AGUSTUS 2024)
UTILIZATION OF REANALYSIS DATA (ERA5) IN CLEAR AIR TURBULENCE SIMULATION AT BTK7581, BTK6582, SJV756, AND SJV739 AIRCRAFT (CASE STUDY AUGUST 17-18th, 2024)
Keywords:
Turbulensi, Vws, Ri, ti1Abstract
Clear Air Turbulance (CAT) merupakan fenomena turbulensi yang diakibatkan oleh faktor selain konvektif. Pada umumnya CAT terjadi antara 8 km hingga 12 km. Fenomena ini sangat merugikan pada penerbangan, karena tidak dapat dideteksi oleh peralatan yang ada didalam pesawat. Apabila pesawat mengalami kejadian CAT maka pesawat melaporkannya melalui AMDAR (Aircraft Meteorological Data Relay) sesaat setelah mengalami turbulensi. Dalam penelitian ini, empat kejadian CAT pada tanggal 17-18 Agustus 2024 disimulasikan menggunakan data model Reanalisis (ERA5). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui indeks terbaik dalam mendeteksi dua kejadian CAT tersebut. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data citra satelit produk Cloud Type dan data keluaran Reanalisis (ERA5) yang ditampilkan oleh software GRADS. Indeks yang digunakan untuk mendeteksi fenomena CAT adalah indeks VWS, Ri dan TI1. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua indeks yaitu VWS dan Ri hasil keluaran model Reanalisis (ERA5) menunjukkan potensi turbulensi ringan hingga sedang pada keempat lokasi kejadian, sedangkan Indeks TI1 mengindikasikan adanya potensi turbulensi ringan- ekstrem. Indeks-indeks tersebut cukup mampu mensimulasikan kejadian turbulensi pada tanggal 17-18 Agustus 2024.
References
Daftar Pustaka
Kaplan, M. L., Huffman, A. W., Lux, K. M., Charney, J. J., Riordan, A. J., & Lin, Y. L. (2005). Characterizing the severe turbulence environments associated with commercial aviation accidents. Part 1: A 44-case study synoptic observational analyses. Meteorology and Atmospheric Physics, 88, 129-152.
Williams, P. D. (2017). Increased light, moderate, and severe clear-air turbulence in response to climate change. Advances in atmospheric sciences, 34(5), 576-586.
Overeem, A. (2002). Verification of clear-air turbulence forecasts (p. 76). De Bilt, The Netherlands: KNMI.
Ellrod, G. P., & Knapp, D. I. (1992). An objective clear-air turbulence forecasting technique: Verification and operational use. Weather and Forecasting, 7(1), 150-165.
Lee, J. H., Kim, J. H., Sharman, R. D., Kim, J., & Son, S. W. (2023). Climatology of clear‐air turbulence in upper troposphere and lower stratosphere in the Northern Hemisphere using ERA5 reanalysis data. Journal of Geophysical Research: Atmospheres, 128(1), e2022JD037679.
Haq, Bagas E. A., & Khotimah, Mia K. (2017). Uji Performa Indeks Turbulensi Pada Kejadian Clear Air Turbulence di Wilayah Indonesia (Periode 2007-2016). Jurnal Meteorologi dan Geofisika Desember 2017 Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika.
Kim, J., Chun, H., Sharman, R.D.,& Keller, Tedy. (2011). Evaluations of Upper-Level Turbulence Diagnostics Performance Using the Graphical Turbulence Guidance (GTG) System and Pilot Reports (PIREPs) over East Asia. Journal of Applied Meteorology and Clomatology Volume 50, 1936-1951.
Sasmito, A. (2011). Peringatan Dini Dan Diagnosis Munculnya Turbulensi Cuaca Cerah Dan Dampaknya Pada Pesawat. Jurnal Meteorologi dan Geofisika Volume 12 No.3, 291-302.
