KAJIAN DATA KLIMATOLOGI ANALISIS UDARA ATAS UNTUK PRAKIRAAN FENOMENA ANGIN KENCANG DI SITE PENGAMATAN BANDAR UDARA SOEKARNO-HATTA PADA PERIODE TRANSISI
STUDY OF UPPER AIR ANALYSIS CLIMATOLOGY DATA FOR PREDICTING GUST WIND PHENOMENON AT THE SOEKARNO-HATTA AIRPORT OBSERVATION SITE IN THE TRANSITION PERIOD
Keywords:
Kata Kunci: threshold, indeks labilitas, gusty, threshold, indeks labilitas, gustyAbstract
Fenomena gusty yang terjadi di sekitar wilayah bandara dan di wilayah vicinity bandara Soekarno-Hatta berdampak pada berkurangnya efficiency operasional penerbangan pesawat komersil, melalui manuver go arround pesawat, untuk mengantisipasi dari dampak angin kencang tersebut terhadap pesawat, tuntutan safety operasional penerbangan, hal ini terlihat dari data pilot report terjadinya fenomena go around akibat fenomena angin kencang pada periode transisi musim. Perlunya peningkatan akurasi data prakiraan angin kencang dari otoritas meteorologi bandara Soekarno-Hatta untuk mengantisipasi dari dampak angin kencang tersebut, antara lain dengan menerapkan indeks-indeks labilitas dari wilayah lintang menengah yang perlunya untuk divalidasi pada nilai threshold lokal dengan merangkum data klimatologi dari fenomena kasus yang akan ditelaah.Dalam tulisan ini diambil dari kriteria Miller tipe I "loaded gun".Indeks-indeks labilitas kriteria untuk thunderstorm disertai gusty dirangkum dari tahun 2016 s.d. 2022 menjadi set threshold klimatologi, valid untuk memprediksi fenomena thunderstorm rain disertai gusty pada tahun 2023 s.d. 2024
References
Brooks, H.E., Lee, J.W. and Craven, J.P., (2003b). The spatial distribution of severe thunderstorm and tornado environments from global reanalysis data. Atmospheric Research,67–68, 73–94.
Bunkers, Matthew J., (2002). Vertical wind shear associated with left-moving supercells. Wea. Forecasting, 17, 845–855.
Holleman, Iwan (2001) Estimation of the maximum velocity of convective wind gust.
Klimowski, Brian A. dan Matthew J. Bunkers, (2002). Comment on “Satellite Observation of a Severe Supercell Thunderstorm on 24 July 2000 Made during the Goes-11 Science Test”. NOAA/NWS Weather Forecast Office, Rapid City, South Dakota.
Meteorological Service for International Air Navigation-Annex 3 to the Convention on International Civil Aviation. (2007). International Civil Aviation Organization.
Miller, Robert C. (1972). Note on Analysis and Severe-Storm Forecasting Procedures of The Air Force Global Weather Central. United State Airforce. USA.
Modul Uji Kompetensi Forecaster Meteorologi Penerbangan Versi 02, (2015). BMKG, Jakarta.
Overview of downward convective available potential energy (DCAPE), NWS Louisville, KY.
Rasmussen, Erik N., and D.O. Blanchard, (1998). A baseline climatology of soundingderived supercell and tornado forecast parameters. Wea. Forecasting, 13, 1148-1164.
Skew T Mastery (http://www.meted.ucar.eduhttps://www.meted.ucar.edu/mesoprim/skewt/navmenu.php?tab=4&page=3-2-3&type=flash) diakses 15 Januari 2022.
Soeharsono, Soni (2022). "Kajian Angin Kencang pada Kasus Pesawat Go Around di Site Pengamatan Cuaca Runway Timur Bandar Udara Soekarno-Hatta". Buletin Met Aero Vol 5 No 11, 2022-ISSN 2684-7299. Tangerang.
Wardoyo, Eko (2015). Pengantar Aplikasi Radar Cuaca.
Wirjohamidjojo, Soerjadi dan Yunus S. Swarinoto (2010). Analisis dan Penaksiran Hasil Analisi Cuaca Sinoptik. Jakarta.
Y. Viswanaham (1981). The Relationship Between Total Precipitable Water and Surface Dew Point. Instituto de Pesquisas Espaciais, conselho Nacional de Desenvolvimento Cientifico e Tecnologico, Sao Jose dos Campos, Sao Paulo, Brazil.
